Minggu, 09 Oktober 2011

Trik Menghadapi Presentasi

Trik untuk menghadapi presentasi ini aku dapatkan dari sebuah buku yang tak sengaja jatuh tersenggol oleh tas ranselku, ketika aku sedang berjalan-jalan di sebuah toko buku ternama.
Ketika melihat judulnya, lumayan bagus. Dan kalau dalam bahasa aku sih ini termasuk SERSAN, atau SERius namun dibahas dengan bahasa SANtai. Karena waktu itu aku juga sedang mempersiapkan skripsi, akhirnya buku ini aku beli deh..  hehe..
Oh ya.. karena disini aku hanya ingin membahas trik dalam menghadapi presentasinya saja yang aku anggap lumayan penting, jadi aku ga ngebahas buku itu, nanti disangka jualan buku.. hehe.. (klo masih ada yang penasaran mau tau judul bukunya nanti aja liat dibagian bawah ya..)
Semoga dapat berguna untuk teman-teman semua.

Biar ga terlalu berpanjang lebar, langsung aja ya aku share tentang trik menghadapi presentasi yang aku dapat dari buku tersebut.

Pada saat pelaksanaan presentasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

1. Ketepatan Waktu.
Presentasi yang terlalu lama akan memberikan dampak yang buruk pada pendengar, mereka akan cepat bosan, terkesan menggurui dan ingin memonopoli pembicaraan.
Akan tetapi terlalu cepat selesai juga kurang baik, karena dapat terkesan tidak menguasai materi dan terlihat bodoh.

Belajarlah untuk tepat waktu, Anda bisa melihat tanda-tanda pendengar sudah bosan dengan pembicaraan Anda, misalnya ketika banyak pendengar yang menguap, banyak melihat jam, melamun, mencorat-coret kertas, bermain dengan handphone-nya, atau bersenda gurau dengan temannya.  Kalau sudah demikian, segeralah selesaikan presentasi Anda, karena percuma, mereka sudah tidak mau lagi mendengarkan materi Anda.

2. Kiat Menghadapi Pendengar (Audience)
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi pendengar/audience :

a. Kata Pembukaan.
Untuk kata pembukaan, sebaiknya agak lebih formal, tidak terlalu panjang/terlalu banyak basa-basi. Pada saat sidang skripsi, penyebutan gelar penguji yang terlalu lengkap dapat terkesan "ingin mengambil hati penguji" dan ini dapat menjadi bumerang.  Kata pembukaan juga harus disesuaikan dengan audience yang datang agar bisa "connect" dengan audience.

b. Pakailah pointer, laser pointer ataupun telunjuk untuk menjelaskan sesuatu di layar.
Jangan hanya mengatakan "disitu", "seperti ini", atau "seperti itu".  Tunjukanlah mana yang sedang Anda bicarakan dengan pointer, laser pointer, ataupun telunjuk pada layar agar audience tidak bingung dan bisa melihat yang Anda maksudkan dalam pembicaraan Anda.

c. Kebiasaan membelakangi audience.
Terlalu sering membelakangi audience akan terkesan takut bertatap muka dengan audience.  Hal ini bisa menjadikan Anda kurang profesional dimata audience. Cobalah untuk bertatap muka dengan mereka.

d. Amati wajah audience Anda.
Jadikan ini sebagai umpan balik strategi presentasi Anda.  Jika audience Anda terlihat bingung, cobalah untuk melemparkan pertanyaan atau berinteraksi agar mereka lebih jelas tentang apa yang Anda presentasikan. Akan tetapi jika audience Anda terlihat bosan,  segeralah untuk diselesaikan. Jadi gunakan wajah audience untuk mendapatkan respon umpan balik dalam presentasi Anda.


e. Presentasikan dengan penuh keyakinan.
Jika pada saat mempresentasikan Anda terlihat kurang meyakinkan, maka pasti audience akan mempertanyakan keyakinan Anda. Bisa juga mereka menjadi tidak percaya dengan yang Anda katakan.

f. Catat pertanyaan sebelum menjawab.
Kalau ada pertanyaan, jangan langsung dijawab, dengarkan dahulu pertanyaannya sampai audience selesai berbicara.  Kalau perlu tulis pertanyaan tersebut, jangan potong pertanyaan audience, kecuali kalau penanya terlalu berbelit-belit dalam mengutarakan pertanyaannya.

g. Tidak boleh ngotot.
Ngotot di depan audience sangatlah tidak etis, Jika ada penanya yang ngotot karena jawaban Anda tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan, maka lebih baik Anda sepakati bahwa pendapat Anda dan dia berbeda.

Oke.. Cukup sekian trik yang dapat aku share pada kesempatan ini.  Mungkin lain kali akan di share yang lebih banyak lagi.  Mudah-mudahan ini dapat berguna untuk temen-temen semua.
Oh ya.. seperti janjiku tadi di bagian atas tulisan ini, aku akan memberitahukan judul buku yang menjadi inspirasi dalam sharing ilmu pada kesempatan ini. Judulnya "Trik Menulis Skripsi & Menghadapi Presentasi Bebas Stress" penulisnya adalah Sugeng D. Triswanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar